Senin, 06 Februari 2012

Sejarah Perkembangan Rokok & Tembakau

Tembakau dan rokok memiliki sejarah yang amat panjang. Pabrik tembakau diyakini tersebar luas di Amerika sejak abad ke 1. Perihal rokok kembali dicatat pada abad ke-11. Mari dilihat, dibawah ini adalah sinopsis dari sejarah rokok, cerutu dan tembakau.

Tembako
1492: Columbus menemukanTembakau; "Daun Kering Tertentu" Apakah Diterima sebagai Hadiah, atau dibuang.

1518: De Juan Grijalva, mengamati perilaku merokok pada penduduk asli di Yucatan.

1527: Tembakau dicatat sebagai zat adiktif oleh Bartolomé de Las Casas.

1531: Santo Domingo: budidaya tembakau di Eropa dimulai.

1556-1558: Tembakau diperkenalkan ke Perancis, Spanyol dan Portugal.

1564-1565: Tembakau diperkenalkan ke Inggris.

1600: Sir Walter Raleigh membujuk Ratu Elizabeth untuk mencobai rokok.
1614: Pertama penjualan tembakau Virginia asli di Inggris; koloni Virginia memasuki pasar dunia tembakau, di bawah perlindungan Inggris

1683: Massachusetts melewati bangsa pertama hukum tidak-merokok. Adanya pelarangan merokok di luar ruangan tembakau, karena bahaya kebakaran. Segera setelah itu, anggota parlemen Philadelphia menyetujui larangan "merokok di jalanan." Denda terhadap pelanggaran ini digunakan untuk membeli alat-alat pemadam kebakaran.

1762: General Israel Putnam memperkenalkan cerutu rokok ke AS.

1770: Dibukanya toko Tembakau Demuth. Toko tembakau tertua di negara ini didirikan oleh Christopher Demuth dijalan  E. King 114, Lancaster, PA

1794: Kongres AS melewati cukai pertama federal pada produk tembakau.

1805-1807: CERIOLI mengisolasi nikotin, "minyak atsiri" atau "esensi tembakau".

1809: Louis Nicolas Vanquelin mengisolasi nikotin dari asap tembakau.

1827: Pertandingan gesekan Pertama diciptakan. Ahli kimia John Walker menyebut penemuannya "Congreves," setelah pembuatan roket. Kemudian mereka menjadi dikenal sebagai "lucifers.

1830: Pertama kali diselenggarakan gerakan anti-tembakau di AS. Langkah ini dimaksudkan untuk memicu gerakan kesederhanaan

1832: Artileri Mesir menemukan metode rokok baru selama pengepungan di Acre. Awak meriam Mesir telah meningkatkan tingkat api dengan menggulirkan mesiu dalam tabung kertas. Karena usahanya ini, ia dan krunya dihargai satu pon tobacco.

1852: Pertandingan pertama membuat merokok yang baik diperkenalkan

1860: Produksi rokok pertama kali muncul di Amerika Serikat. Sebuah merek yang populer pada masa awal yakni Bull Durham, yang menguasai 90% pasar masa itu.

1861-1865: Tembakau beransum diberikan ke Union dan tentara Konfederasi selama Perang Sipil. Selama pasukan Sherman, tentara Uni menggerebek gudang untuk mencari tembakau ringan dan manis "terang" dari Selatan. Tembakau terang menjadi sumber kemarahan di Utara dan akhirnya menggantikannya dengan tembakau Turki yang lebih berat dalam rokok.

1864: Pabrik rokok pertama di Amerika membuka dan menghasilkan hampir 20 juta batang per tahun.

1875: Merek rokok Allen & Ginter, mulai menggunakan gambar pada bungkusnya, tujuannya untuk melindungi rokok. Gambar berupa Kartu, dengan foto-foto aktris, pemain bisbol, Kepala India, dan petinju. Promosi ini sangat berhasil karena merupakan skema promosi modern pertama untuk produk manufaktur.

1880: - Richard Benson dan William Hedges membuka toko tembakau di dekat Philip Morris di London.

1886: - JB Duke menargetkan konsumen wanita dengan merek rokok "Cameo".

1898: - Mahkamah Agung Tennessee secara penuh mendukung larangan pada rokok. Menurutnya model niaga seperti ini sepenuhnya berbahaya dan merusak kesehatan Penggunanya dan selalu berbahaya.

1900: Washington, Iowa, Tennessee dan North Dakota melarang penjualan rokok.

1901: Aktivitas anti-rokok ada di 43 dari 45 negara.

1901: Sekitar 3,5 miliar rokok dan 6 miliar cerutu laku terjual. Empat dari lima pria Amerika merokok setidaknya satu cerutu sehari.

1902: Philip Morris muda mendirikan sebuah perusahaan di New York untuk menjual merek asal Inggris, termasuk Philip Morris, Blues, Cambridge, Derby, dan sebatang rokok yang ia namai Marlborough Street, tempat pabrik nya di London berada. Marlboro merupakan salah satu rokok wanita paling awal, yang menampilkan ujung merah guna menyembunyikan tanda lipstik.

1909: - Baseball Honus Wagner, pesanan American Tobacco Company mengambil fotonya dari bungkus rokok Caporal, karena khawatir hal itu akan menyebabkan anak-anak akan merokok. Kekurangan yang dihasilkan membuat kartu bisbol Honus Wagner paling berharga sepanjang masa, saat ini bernilai hampir $ 500.000.

1910: Merek-merekrokok terpopuler: Pall Mall, Caporals Manis, Piedmont, Helmar dan Fatima.

1913: RJ Reynolds memperkenalkan Camel, yang dianggap para sejarawan sebagai rokok p'modern' pertama.

1917: 3 merek rokok nasional di pasar AS: Lucky Strike, Camel dan Chesterfield.

1921: RJ Reynolds menghabiskan $8 juta untuk iklan, sebagian besar pada Camel. Ia meresmikan slogan suksesnya "I'd Walk a Mile for a Camel".

1923: Camel menguasai 45% dari pasar AS.

1924: Philip Morris kembali memperkenalkan Marlboro dengan slogan "Mild as May" dan menargetkan wanita "decent, respectable".

1927: Sebuah sensasi dibuat ketika George Washington bertujuan bertujuan mengkampanyekan iklan keberuntungan pada perempuan. Dan mendesak mereka untuk "meraih sebuah keberuntungan bukan rasa manis." Tingkat inisiasi merokok di kalangan remaja perempuan tiga kali lipat antara 1925-1935, dan Lucky Strike menguasai 38% dari pasar Amerika.

1930: Sebagian besar merek populer: Lucky Strike, Camel, Chesterfield, Old Gold dan Raleigh.

1933: The Journal of American Medical Association menerbitkan iklan rokok pertama, suatu praktik yang akan terus berlangsung selama 20 tahun.

1936: - Brown dan Williamson Viceroy memperkenalkan merek nasional pertama yang memiliki fitur filter selulosa asetat. Iklan ini ditujukan untuk menyangkal klaim dokter bahwa rokok adalah masalah kesehatan utama.

1940: Merek paling terkenal: Camel, Lucky Strike, Chesterfield, Raleigh dan Gold Lama.

1940: Sebanyak orang Amerika dewasa merokok 2.558 batang rokok per kapita per tahun, hampir dua kali konsumsi tahun 1930.

1942: Brown dan Williamson mengklaim bahwa Kools (campuran pada rokok) membuat kepala lebih baik dan memberikan perlindungan ekstra terhadap pilek. Lucky Strike, Chesterfield, dan Camel semua mempromosikan manfaat kesehatan dari rokok. Praktek ini terus berlanjut ke tahun 1950-an, ketika ditinggalkan demi keheningan pada masalah kesehatan.

1950: Merek paling popueler: Camel, Lucky Strike, Chesterfield, Komandan dan Gold Lama.

1952: Kent memperkenalkan 'Micronite' filter, yang mengklaim "dapat menawarkan perlindungan kesehatan terbesar dalam sejarah rokok." Tapi, ternyata bahan tersebut terbuat dari asbes. Kent menghentikan penggunaan filter Micronite empat tahun kemudian.


1954: RJ Reynolds memperkenalka rokok filter, namun promosinya mendasarkan pada manfaat rasa, bukan kesehatan. Winston mendominasi pasar AS untuk 15 tahun mendatang.

1954: Iklan Marlboro diambil alih oleh agen iklan Chicago Leo Burnett. " Delivers the Goods on Flavor " mengacu pada slogan baru dalam iklan surat kabar. Desain iklan menampilkan 'Pria Marlboro,' dikreditkan kepada John Landry dari Philip Morris. Sebelum memulai kampanye ini, Marlboro memiliki <1% dari pasar AS.

1963: Marlboro membagi-bagikan tato pelaut dan atlet sebagai Man Marlboro dan berhenti pada penggunaan eksklusif koboi. Selama beberapa tahun, penelitian Philip Morris telah menunjukkan bahwa penjualan meningkat setiap kali koboi muncul dalam kampanye mereka.

1964: kampanye iklan Marlboro Country diluncurkan. " Come to where the flavor is. Come to Marlboro Country." Penjualan Marlboro mulai tumbuh sebesar 10% setahun.

1968: - Philip Morris memperkenalkan Virginia Slims dengan slogan, " You've come a long way, baby. " Lima tahun kemudian, Billy Jean King, mengenakan warna pada Virginia Slims, mengalahkan Bobby Riggs di televisi Battle of the Sexes. ' Virginia Slims terus mempromosikan pertandingan tenis sampai hari ini.

1970: Paling populer merek: Winston, Pall Mall, Marlboro, Salem dan Kool.

1971: iklan rokok dilarang di televisi. Larangan itu dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 1 Januari tapi ditunda selama satu hari untuk memungkinkan akhir iklan Super Bowl. iklan anti rokok Fairness Doctrine juga menghilang. Penjualan rokok mulai meningkat dari penurunan mereka selama empat tahun.

1972: Marlboro menjadi rokok terlaris di dunia. Ini tetap terjadi hingga hari ini.

1980: Sebagian besar merek populer: Marlboro, Winston, Kool, Salem, dan Pall Mall.

1987: Debut Joe Camel di USA. Sebuah agen iklan Carolina Utara menggunakan Joe Camel untuk merayakan ulang tahun ke-75 "Old Joe". Empat tahun kemudian, Journal of American Medical Association menerbitkan dua laporan tentang Joe Camel dan anak-anak. Satu studi menemukan bahwa 91% dari anak berusia 6 tahun mengenali Joe Camel, mirip dengan persen yang mengakui Mickey Mouse. Studi lain menemukan bahwa sejak dimulainya kampanye Camel Joe pada tahun 1987, pangsa Camel terhadap pasar ilegal di bawah usia 18  telah meningkat dari 0,5% menjadi 32,8%, senilai> $ 400 juta per tahun.

1988: Setelah penurunan 15 tahun, perokok remaja kembali meningkat.

1989: Selama siaran 93-menit dari GP Marlboro, nama Marlboro muncul di layar televisi 5.933 kali dengan total 46 menit. Sponsor untuk acara olahraga di televisi menjadi sarana utama dimana perusahaan rokok menumbangkan 1971 tentang larangan iklan TV.

1990: Sebagian besar merek populer: Marlboro, Winston, Salem, Kool dan Newport. Namun, Marlboro sebenarnya outsells Winston dengan margin 3: 1.

1990: AS menyadari surplus $4200000000 dari perdagangan produk tembakau. Meskipun 2,5 juta kematian di seluruh dunia karena merokok, Wakil Presiden Quayle komentar, "Kita harus berpikir tentang membuka pasar."

1992: Insiden meninggal karena kanker paru-paru. 'Marlboro Man' Wayne McLaren pada pertemuan tahunan pemegang saham Philip Morris di Richmond, Virginia, meminta perusahaan untuk membatasi iklannya secara sukarela. Ketua Michael Miles menjawab, "Kami tentu prihatin mendengar tentang masalah kesehatan Anda Tanpa mengetahui riwayat kesehatan Anda, saya rasa saya tidak dapat berkomentar lebih jauh.." The Man Marlboro meninggal karena kanker paru-paru tiga bulan kemudian.

1993: Pengeluaran promosi rokok mencapai $ 6,03 miliar. Meningkat 15,4 persen dibanding 1992.

1995: Koboi Marlboro, David McLean, meninggal karena kanker paru-paru pada usia 73.

1997: Menanggapi tekanan dari Komisi Perdagangan Federal, RJ Reynolds meninggalkan kampanye iklan 'Joe Camel'.

1998: Camel, Winston dan Kool memperkenalkan pemuda yang berorientasi iklan, banyak yang mengejek gerakan anti rokok.

1999: Sekitar 10 juta orang Amerika merokok cerutu.

1999: keluarga kerajaan Inggris perintahkan penghapusan segel atas persetujuan dari Gallaher Benson pada rokok Hedges

1999: Philip Morris mengakui konsensus ilmiah tentang merokok. "Ada konsensus medis dan ilmiah kuat bahwa merokok menyebabkan kanker paru-paru, penyakit jantung, emfisema dan penyakit serius lainnya pada perokok".

2002: CDC memperkirakan biaya kesehatan perokok dan biaya produktivitas mencapai $ 150.000.000.000 per tahun. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam WMMR, CDC memperkirakan total biaya merokok $ 3.391 per tahun untuk setiap perokok, dan bahkan diperinci paket per-kesehatan/produktivitas dimana membutuhkan biaya pada $ 7.18/pack. Selanjutnya, perkiraan hubungan merokok dengan biaya medis sebesar $ 3,45 per paket, dan produktivitas kerja hilang karena kematian dini akibat merokok sebesar $ 3,73 per bungkus.

Itulah Fakta singkat perkembangan tembakau dan rokok…. Monggo dilanjut ngerokoknya…. hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Tanggapan Berupa Saran Maupun Kritik Yang Sifatnya Membangun. Terima Kasih Untuk Tidak Menuliskan Cacian, Makian Dan Kata-Kata Kotor.

Popular Post

back to top

Trending Topik